Tentang Cinta??..... (5)

DISCLAIMER: [Tulisan ini menurut pendapat saya pribadi, yang terdapat banyak kesalahan didalamnya, jangan percaya tulisan saya]

Assalamu'alaikum xD

Alhamdulillah saya masih hidup wkwkwkwk untung belum mati xD

OKE! Lanjut, pada part 4 kita telah membahas sedikit tentang peng-INDRA-an.
Dimana mengenal Allah pun dimulai dari hal-hal yang ringan dan kecil. bertahap-bertahap-bertahap eh tau tau gede, kirain masih hal kecil.

Jikalau kemarin kita membahas tentang panca indra, lalu bagaimana dengan indra ke-6?
Apa itu indra ke-6? apakah itu insting? ataukah itu kemampuan indigo? paranormal? astral?
atau supranatural?

YAP! SEMUANYA TIDAK ADA SALAHNYA!
Saya memegang konsep indra ke-6 dari Imam Al-Ghazaly bahwasannya,
Indra Ke-6 Manusia itu adalah Hati atau Mata Hati

Jika kita fikir-fikir, ternyata ada benarnya.
Jika yang dimaksud dengan indra adalah reseptor atau penerima rangsangan atau rasa.
Bukankah kita sering merasakannya dengan hati kita?
Ketika kita dihina dan dicemo'oh oleh orang-orang, yang sakit telinga anda atau hati anda?
Ketika kita disanjung, diberikan ucapan terima kasih atau selamat, yang merasa nikmat telinga atau hati anda?
Ketika anda dipaksa dan dituntut bekerja seharian penuh tanpa ada imbal balik oleh organisasi atau bos anda, yang terasa sakit fisik atau hati anda? atau keduanya?

Yap, saya mulai menyadari bahwa hati juga merupakan indra milik manusia. Hanya saja saya belum mendapati adanya artikel atau jurnal ilmiah mengenai atau mengklasifikasikan hati kedalam indra selain dari tulisan-tulisan dan syair pada buku Al-Ghazaly, jika anda pernah menemukannya jangan ragu untuk sampaikan pada saya ya! saya akan sangat senang jika anda berbagi dengan saya! thanksss

OKEH
pertanyaan selanjutnya, lalu kenapa jika hati merupakan indra juga?

Yap, jika kita kembali pada part 4, kita membahas tentang meresapi panca-indra kita dengan sangat fokus!
Namun bagaimana jika kita terapkan juga pada indra ke-6 kita?
Untuk meresapi hal-hal yang tak bisa diresapi oleh panca-indra!

Clue-nya yaitu, resapilah sesuatu yang terasa nikmat dengan menggunakan hati anda!
ingatlah hal-hal manis bersama teman, bersama keluarga, ingatlah saat tertawa dengan sahabat, bagaimana menggemaskannya keponakan atau sepupu bahkan tetangga kita yang masih bayi.
Bukankah hal tersebut membahagiakan dan terasa nikmat dihati? apakah anda merasakan sensasinya?

Sekarang, resapilah hal-hal yang terasa menyakitkan dengan hati anda!
ingatlah saat anda dicurangi oleh teman sekelas anda!
ingatlah saat anda dikhianati oleh teman dan sahabat anda!
ingatlah saat orang-orang yang anda sayangi terlihat seperti tidak peduli dengan anda!
Bagaimana sakitnya? saya mohon resapilah kata-kata saya, sambil memejamkan mata juga tak apa
Sakit bukan? tapi apakah panca-indra anda merasakan sakitnya ketika mengingatnya?

TENTU TIDAK!

Sekarang,
Pernahkah anda tiba-tiba mendapat lonjakan iman? ledakan energi untuk beribadah?
Pernahkah anda merasakan nikmatnya berdo'a dan nikmatnya sujud?
Pernahkah anda merasa bersalah dan merasa hina dan kotor?

Bagaimana anda mendapatkan perasaan itu? Mengapa anda bisa merasakannya?
YA! Karena anda memiliki hati!

Selanjutnya,
Pernahkah anda merasa tidak dapat merasakan apa-apa?
Sedih tidak, marah tidak, seperti lelah dengan semuanya
anda merasa seperti tidak memiliki rasa, perasaan atau hati
apakah anda meyakini hati anda sedang tertutup debu? hingga kurang peka?

Ibarat mata yang tidak dapat melihat akibat tertutup kain
Kulit yang tak merasakan panas akibat sarung tangan
Telinga yang tak mendengar karena tersumbat
Hidung yang tak mencium karena flu

Bukankah hati yang tertutup oleh sesuatu juga tidak bisa merasakan apa-apa?
Bukankah semua indra manusia mampu bekerja dengan baik bila tidak ada penghalang antara indra dengan objek?
mata terbuka dengan cahaya
kulit bersentuhan dengan api
telinga disamping speaker/toa

YAP! Jika tidak ada penghalang maka indra-indra kita bisa merasakannya dengan jelas!

Namun, itu jika dalam kondisi sehat atau baik-baik saja, jika sakit?
Mata yang buta, selebar apapun dia membuka kelopak mata tidak akan bisa melihat
Telinga yang tuli, sedekat apapun dia dengan pusat getaran atau bunyi tidak akan bisa mendengar
Kulit yang mengeras jadi kulit mati, tidak akan terasa sakit jika digores dengan pisau.

Bagaimana dengan hati? apakah hati yang sakit bisa merasakan kenikmatan dan kesakitan?
Hati yang sakit yaitu hati yang telah membatu, tidak dapat merasakan kenikmatan yang sejati!
Jika kita pernah mendengar hati yang membatu akan sulit menerima hidayah, saya rasa semua sekarang masuk akal.

Meskipun yang berhati batu masih dapat merasakan kenikmatan dalam kesesatan atau kesalahan, apakah itu bisa disebut nikmat oleh orang yang hatinya sehat?

Ibarat bagi orang dengan mata minus kronis, tentu melihat tulisan dalam jarak 5-10 cm adalah kenikmatan, namun bagi yang bermata normal? hal tersebut sangat tidak nikmat dan menyakitkan!
Bagaimana dengan orang yang nemiliki penyakit pendengaran?
bagi mereka mendengarkan suara dengan volume 100% merupakan kenikmatan, namun bagi orang sehat? Hal tersebut sangat menyakitkan telinga mereka!

Pun sama dengan orang yang hatinya tidak sehat, menganggap suatu keburukan adalah kenikmatan.
Namun bagi orang yang hatinya sehat, hal tersebut sangat menyakitkan bagi mereka!

Sampai disini apakah kalian paham kata-kata saya?
Jika kalian paham, mungkin kalian mulai berfikir bahwa hati benar-benar indra miliki kita. Yang cara kerjanya pun sama dengan indra-indra lainnya.
Saya tidak masalah anda ingin mengklasifikasikan hati kedalam indra manusia atau tidak, yang jelas anda akan mampu memaknai lebih baik hati anda jika anda berhasil mendefinisikannya!

OKEH, LANJUT!
Selanjutnya,
Apakah anda mulai memahami bagaimana Allah menyentuh anda? memberikan kita hidayah dan taufiq nya?
Bagi orang-orang yang hatinya sehat, maka saya yakin mereka akan merasakan kenikmatan kenikmatan tersebut!

Tugasnya sekarang yaitu carilah kenikmatan-kenikmatan sejati dalam ibadah anda, resapi do'a-do'a anda, resapi kata-kata anda, bacalah dan tela'ah ayat-ayat Al-qur'an maupun terjemahannya, Hadist Nabi dan sebagainya.
Atau jika tidak, cobalah dengarkan murottal atau shalawat nabi di Youtube atau spotify atau sejenisnya,
Dimana hal tersebut bisa mendatangkan kenikmatan dalam hati anda!

Mungkin cukup sekian untuk tulisan di part ini, akan saya lanjutkan di part 6 xD
Saya mungkin belum membahas tentang cinta, tapi saya yakin! Anda pasti tahu jika cinta ada kaitannya dengan hati!

Jika kalian ada masukkan tentang ini, silahkan berikan komentar dan berbagilah dalam kebaikan! xD
Saya sangat suka dan senang jika anda juga mau berbagi dengan saya, jika perlu silahkan email saya! Jujur saya suka sekali mendengarkan!

XD. Wassalam

Komentar