Tentang Cinta??... (3)





DISCLAIMER: [Tulisan ini menurut pendapat saya pribadi, yang terdapat banyak kesalahan didalamnya, jangan percaya tulisan saya]


Assalamu'alaikum bos ku ahahaha xD

OKEH, Kita lanjutkan terkait cinta kepada Allah di bab 3 ini hehehe.. sekali lagi semua yg saya tuliskan ini berdasarkan pemikiran saya, apabila ada salah kata mohon dimaafkan yah

Ketika kita sudah mengetahui bahwa Allah  lah yang harusnya kita kejar, selanjutnya.. APA?

Bagaimana cara mengejar Allah?
Pertanyaan tersebut lah yang membayang-bayangi saya

Mari kita runtutkan tahapan2nya...
Mungkin anda sering kali mendengar "lakukan segala sesuatu karena Allah"?
OKAYY, BUT HOW?
Bagaimana cara melakukan segala sesuatu karena Allah?
Jika kita analogikan, misal pada manusia.. "Bagaimana bisa kita melakukan sesuatu demi seseorang yang bahkan kita tidak mengenal seseorang tersebut?"


Ambil Contoh:

-Fulan adalah salah seorang teman kakak.
-Sang ayah dari kakak tidak mengenal dan hanya tahu bahwa fulan adalah teman kakak.
Suatu hari kakak berkata "Yah beliin laptop dong"
Menurut kalian apa jawaban sang ayah?
Ya, jika sang ayah sangat mengenal dan mencintai anaknya tentu ia akan berusaha untuk memenuhinya.
Sekarang, bagaimana jika kakak berkata "Yah, beliin laptop dong buat fulan"
Menurut kalian apa jawaban sang ayah?
Menurut saya sang ayah tidak akan melakukannya, sebab dia hanya tahu bahwa fulan adalah teman kakak. dan dia tidak mengenal fulan.

Namun bagaimana jika casenya adalah, Fulan merupakan teman akrab dan teman baik. Sang ayah suka sekali berbincang dengan Fulan. bahkan ia sampai menganggap bahwa Fulan sudah seperti anaknya sendiri. Sang ayah bahkan mengetahui karakteristik fulan, bagaimana karakternya, kedermawanan hatinya, akhlaknya, ibadahnya, ilmu agamanya dll. Fulan juga suka memberikan oleh-oleh dan suka menyapa keluarga ayah dan kakak. maka?
SANGAT MUNGKIN, bagi sang ayah untuk membelikannya laptop karena dia sudah mengenal fulan dengan baik.

Jika kalian paham maksud saya, selamat berarti anda memiliki kemampuan menganalisa yang baik karena pemahaman seperti ini sangat sulit bagi saya untuk menjelaskannya secara detail sehingga saya hanya memberikan garis besarnya.

Menurut saya, tahapan mengenal Allah dalam ilmu Makrifatullah merupakan sebuah bagian dari suatu petualangan mencari Allah. Pertanyaannya adalah bagaimana cara mengenal Allah? Jika anda memperhatikan dengan seksama contoh yang saya jabarkan saya yakin anda pasti tahu bagaimana, silahkan terjemahkan sendiri dan usahakan terjemahan pribadi anda selalu membawa anda pada kebaikan.

Selanjutnya, Jika kalian sudah sampai ke tahap Mengenal Allah selanjutnya adalah Menyukai or Mencintai Allah.

Ambil contoh:
-Putri memiliki kesulitan dalam hal desain.
-Putri membuka lowongan bagi orang yang bisa membuatkan desain untuknya dengan hadiah 1 jt.
-Andre memiliki kemampuan dalam desain.
-Andre menyukai putri.
Andre menerima tawaran dari putri dan mengerjakannya. dan mereka berbincang cukup lama untuk membahas briefing desain yang diinginkan putri.
Pertanyaan saya, menurut anda yang apa yang sebenarnya Andre incar dalam mengambil tawaran tersebut?

Yap, jika andre lelaki normal. yang andre incar yaitu pertemuan dengan sang putri. waktu kebersamaan berdua dengannya. bagi seorang lelaki yang sedang kasmaran, maka keinginannya adalah bertemu dengan sang pujaannya yaitu putri. baginya uang 1 juta adalah bonus. bahkan jika putri tidak membayarpun tidak masalah bagi andre, karena bertemu dengan putri merupakan hadiah yang sebenarnya bagi andre.
Setelah menerima tawaran tersebut, demi mendapatkan hati putri. Andre serius banget ngerjain desainnya. Pokoknya yang terbaik yang dia bisa dia lakuin. Hal tersebut tentu dia lakuin untuk meng-impress putri. Dengan harapan bahwa putri akan terkesan dengan pekerjaannya.

Sampai sini apakah anda paham dengan maksud dari cerita saya?
Cerita saya hanyalah sebuah analogi, jika anda mampu menganalisa dan mendapatkan substansi dari cerita saya. maka selamat! anda memiliki otak yang cerdas! karena jujur saya belum bisa menjelaskan secara detail karena kekurangan ilmu yang saya miliki. jadi saya hanya bisa memberikan penjelasan melalui sebuah contoh, saya harap anda dapat mencerna dengan baik xD

Oke deh kalo gitu sampai disini dulu, kita lanjut ke part 4 nya nanti ya hahahahaha
Selamat berpetualang mencari ALLAH.

Komentar

  1. Balasan
    1. Maaf brader, baru update lagi haha kemarin sedang ke Malang gk bawa laptop xD

      Hapus

Posting Komentar